Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Empal Pedas Vegetarian

Empal atau biasa dikenal dengan nama gepuk daging, merupakan makanan yang cukup populer di daerah Jawa Barat, dan biasanya menjadi salah satu menu makanan khas yang disajikan di restoran khas Sunda. Empal yang biasa dikenal umumnya terbuat dari sayatan tipis daging yang dipukul-pukul (digepuk) hingga pipih (seperti stik) dan dimasak dalam ramuan bumbu dengan cita rasa manis.

Untuk empal pedas kreasi khas vegetarian ini, kaki jamur, terutama jamur shitake (hioko) yang kaya serat dengan teksturnya yang mirip urat pada daging dipakai sebagai pengganti bahan daging. Sementara untuk salah satu bahan bumbunya digunakan bumbu "ngohiong", yakni bumbu berupa bubuk yang terdiri dari lima jenis rempah, yang tersedia dalam kemasan jadi dan bisa dibeli di pasar atau toko bahan bumbu masakan Tionghoa.

EMPAL PEDAS VEGETARIAN
BAHAN :
200 gr kaki jamur shitake (hioko)
2 butir telur
2 sdm tepung sagu
1/2 sdm kecap asin
1 sdm bumbu "ngohiong"
50 gr cabe merah, haluskan
2 buah tomat, potong kecil-kecil
1 sdm gula pasir
Merica, garam, dan penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng

CARA MEMBUAT :
1. Rendam kaki jamur selama satu malam, kemudian peras dan tumbuk halus. Campurkan sagu, bumbu "ngohiong", merica, garam dan penyedap rasa, aduk rata.
2. Bentuk adonan empal kaki jamur menjadi bulatan bundar, dan goreng dalam minyak banyak dengan api sedang sampai matang. Angkat, sisihkan.
3. Panaskan minyak dalam wajan, tumis tomat dan cabe, kemudian masukkan gula pasir, garam, penyedap rasa secukupnya, beri sedikit air, masukkan empal kaki jamur, aduk-aduk sebentar, dan biarkan mendidih. Angkat.
4. Empal kaki jamur siap disajikan.
0 komentar untuk "Empal Pedas Vegetarian"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !