Makanan Vegetarian | Masakan Vegetarian

Nasi Lemak ala Vegetarian

Nasi lemak adalah sejenis masakan tradisional khas Melayu berupa nasi wangi yang dimasak dengan santan kelapa dan daun pandan. Nasi lemak umum ditemukan di Malaysia, di mana dianggap sebagai masakan nasional Malaysia. Nasi lemak juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand Selatan. Di Indonesia, nasi lemak bisa ditemukan di beberapa bagian Sumatera; khususnya negeri-negeri Melayu di Riau, Kepulauan Riau, dan Medan. Nasi lemak umumnya dinikmati sebagai makanan untuk sarapan. Nasi lemak mirip dengan nasi uduk khas Betawi karena sama-sama dimasak menggunakan santan.

Untuk membuat nasi lemak ala vegetarian ini, resepnya kurang lebih sama dengan nasi lemak pada umumnya, perbedaannya terdapat pada penggunaan tempe goreng kering sebagai pengganti ikan bilis atau teri goreng yang biasanya dihidangkan bersama dengan nasi lemak.

NASI LEMAK ALA VEGETARIAN
BAHAN :
200 gr beras, lebih bagus beras pandan wangi, cuci hingga bersih
2 lembar daun pandan, ikat
100 ml santan kental
150 ml air atau sesuaikan dengan jenis beras
1 buah bawang merah, iris tipis
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula

BAHAN SAMBAL :
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
1/2 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 sdm minyak goreng

BAHAN PELENGKAP :
2 butir telur, rebus atau masak telur dadar
1/2 buah mentimun, iris sesuai selera
50 gr tempe, potong sebesar korek, goreng kering
50 gr kacang tanah, goreng

CARA MEMBUAT :
1. Masukkan beras bersama dengan santan, air, daun pandan, irisan bawang merah, garam, dan gula dalam rice cooker dan masak hingga matang.
2. Haluskan bahan sambal yakni bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar.
3. Panaskan minyak goreng dan tumis bahan sambal yang sudah dihaluskan. Aduk rata, tambahkan gula dan garam. Masak hingga matang dan mengental
4. Tata sambal pada nasi di atas piring bersama dengan tempe goreng kering, kacang tanah, dan telur yang sudah dimasak sesuai selera. Tambahkan irisan mentimun.

Untuk : 2-3 porsi
0 komentar untuk "Nasi Lemak ala Vegetarian"

Silakan berkomentar yang relevan dan mohon tidak menyertakan link aktif !